Monday, October 26, 2015

Berbagai Macam-Macam Protocol

1. DHCP (Dynamic Configuration Protocol)
DHCP merupakan sebuah protokol yang berfungsi untuk memudahkan pengalokasian sebuah alamat IP (client maupun server) dalam satu jaringan. Kerja DHCP ini adalah apabila saat tersambung sebuah jaringan, device (komputer/laptop) akan secara langsung mendapatkan alamat IP dari server DHCP, dan tidak perlu memberikan alamat IP secara manual pada device tersebut. Tidak hanya alamat IP, DHCP juga memberikan parameter lainnya seperti default gateway dan DNS server.

2. DNS (Domain Name Server)
DNS merupakan sebuah sistem dimana sistem tersebut bertugas menyimpan informasi seputar nama host maupun nama domain dalam bentuk database di dalam suatu jaringan komputer. DNS juga berfungsi sebagai layanan jaringan yang dapat menerjemahkan sebuah situs web menjadi alamat internet. DNS tersebut menyediakan alamat IP untuk setiap host dan menyimpan data setiap server transmisi yang menerima surat (email) pada setiap domain-domain.

3. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)
HTTP merupakan salah satu protokol jaringan pada lapisan aplikasi (application layer) yang digunakan untuk meminta dan menjawab antara client dan server menggunakan hipermedia. HTTP berkomunikasi melalui TCP / IP. Client HTTP terhubung ke server HTTP menggunakan TCP ke port tertentu (biasanya port 80).  Setelah membuat sambungan, client dapat mengirim pesan permintaan HTTP ke server yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.

4. ICMP  (Internet Control Message Protocol)
ICMP merupakan salah satu protocol inti dalam sebuah jaringan internet. ICMP digunakan oleh sistem operasi jaringan komputer untuk mengirim pesan apabila terjadi kesalahan (Network Unreachable). Hal ini dapat dilihat dengan proses PING yang mengirim pesan ICMP Echo Request dan menerima Echo Reply untuk menentukan apakah komputer yang dituju dapat terhubung atau tidak dan berapa lama paket yang dikirim akan dibalas oleh komputer tujuan.

5. SSL (Secure Socket Layer)
SSL meruapakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Netscape Communication Corporation untuk komunikasi data yang membutuhkan privasi melalui Internet. SSL menggunakan suatu sistem enkripsi yang menggunakan dua kunci untuk melakukan enkripsi data.  Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang, deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, kemudian dipecahkan kedalam blok-blok secara berurutan, kemudian dikompres(jika perlu) yang diisikan MAC Address. Selanjutnya data di enkripsi, dan hasilnya dikirimkan. Di tempat tujuan, data dideskripsi, diverifikasi, dikompres, dan disusun kembali sesuai dengan urutannya. Hasil dari data tersebut dikirimkan ke client di atasnya.

6. TCP (Transmission Control Protocol)
TCP merupakan sebuah protocol yang berada di lapisan transport yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data pada komputer di internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi menggunakan protokol ini.  Karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu protokol TCP/IP, perbedaan jenis komputer ataupun perbedaan Sistem Operasi tidak menjadikan masalah.

7. TLS (Transport Layer Security)
TLS merupakan sebuah protocol yang menyediakan keamanan koneksi antara client dan server di internet. TLS mempunyai kapabilitas untuk melayani servis autentikasi antara client dan server dengan membuat encrypted connection antara keduanya sehingga memberikan keamanan jaringan dan kerahasiaan pengiriman data. Dalam penggunaan umumnya, hanya server yang di authentikasi (dalam hal ini, memiliki identitas yang jelas) selama dari sisi client yang tidak terauthentikasi.

8. UDP (User Datagram Protocol)
UDP merupakan salah satu protocol pada lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi tanpa koneksi antara host dengan host dalam jaringan. Dengan menggunakan UDP, setiap aplikasi socket dapat mengirimkan paket – paket yang berupa datagram. Istilah datagram diperuntukkan terhadap paket dengan koneksi yang tidak handal ( unreliable service ). Koneksi yang handal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak andal tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal.
UDP tidak menjamin kevalidan data saat data sampai ke si penerima, jadi jika terjadi pengiriman data maka tidak dijamin sampai tidaknya. Datagram yang sampai kemungkinan bisa dalam keadaan rusak, terduplikasi atau hilang tanpa diketahui penyebabnya. Hal ini berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP sifatnya tidak realibel, tetapi UDP lebih cepat dari pada TCP karena tidak membutuhkan koneksi langsung. Pada UDP juga tidak ada pemecahan data, oleh karena itu tidak dapat dilakukan pengiriman data dengan ukuran yang besar.

9. LDAP
LDAP (Lightweight Directory Access Protocol) adalah protokol perangkat lunak untuk memungkinkan semua orang mencari resource organisasi, perorangan dan lainnya, seperti file atau printer di dalam jaringan baik di internet atau intranet. Protokol LDAP membentuk sebuah direktori yang berisi hirarki pohon yang memiliki cabang, mulai dari negara (countries), organisasi, departemen sampai dengan perorangan. Dengan menggunakan LDAP, seseorang dapat mencari informasi mengenai orang lain tanpa mengetahui lokasi orang yang akan dicari itu.

10. FTP ( File Transfer Protocol )
FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien 
dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- updlot berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna daftar memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat berkas , memuat dikotri dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

11. SSH (Sucure Shell)
SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin.

12. HTTPS
Https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.

13. IMAP (Internet Message Access Protocol)
IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses/mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. Protokol ini sering digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.

14. POP3 (Post Office Protocol)
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian 
kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.

15. SLIP (Serial Line Internet Protocol)
SLIP dapat didefinisikan sebagai metode enkapsulasi untuk mengirimkan paket IP melalui sambungan serial. SLIP tidak memiliki kemampuan untuk mengirimkan protokol jaringan lebih dari satu per satu. Arsitektur tidak menyediakan metode membedakan antara protokol jaringan. TCP/IP adalah protokol yang biasanya digunakan dengan SLIP, yang ideal untuk menyambung komputer jauh ke Internet menggunakan server SLIP dial-up. Namun, karena TCP/IP adalah satu-satunya protokol jaringan SLIP dapat membuat penggunaan terbatas di aplikasi lainnya.

16. Point-to-Point Protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah yang terjadi pada protokol Serial Line Internet Protocol (SLIP), yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi kesalahan, dan negosiasi sesi secara dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan.

17. ARP
Address Resolution Protocol adalah protokol untuk mapping dari alamat IP (Internet Protocol) ke alamat fisik MAC (Media Access Control). Misal di suatu jaringan kita ingin mengirim paket ke host A 192.168.1.2, maka pertama kita harus tau sapa yg mempunyai alamat IP tsb. Maka ARP akan membroadcast pertanyaan tsb ke semua host yang ada di jaringan. Sang empunya alamat IP tsb akan menjawab kembali sahutan tsb dengan mengirimkan alamat MACnya. Alamat MAC ini akan disimpan di tabel ARP untuk memudahkan pencarian jika diperlukan pengiriman paket ke tujuan yang sama. Dalam kasus kasus penjelajahan situs internet (misal, www.google.com) maka proses transmisi ARP harus dilakukan terlebih dahulu sebelum proses transmisi HTTP dimulai.

18. SMTP
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan e-mail antar server, yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah kita, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan "nongkrong" di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html